Selasa, 29 April 2014

TUGAS TOU 2 MINGGU KE-2

TUGAS TOU 2 MINGGU KE-2



Pada saat saya SMA saya mengikuti organisasi pecinta alam di sekolah saya. Organisasi ini adalah organisasi yang berazaskan kekeluargaan dan kebersamaan. Slogan organisasi ini adalah “kebersamaan adalah lidi yang berhimpun”. Diorganisasi ini saya menjabat sebagai BPA (Badan Pertimbangan Anggota), badan pertimbangan tertinggi yang ada di organisasi ini. Diorgaisasi mempunyai hokum adat yang melarang keras adanya pacaran sesama anggota. Bila ada anggota yang melanggar aturan tersebut maka harus ada yang mengundurkan diri dari salah satu pasangan tersebut.

Tepat beberapa bulan yang lalu ternyata ada dari anggota organisasi ini yang  sepertinya mempunyai hubungan istimewa, hubungan itu tidak selayaknya seorang abang ke adik tapi seperti sepasang kekasih. Dari kedekatan mereka, cara bicara mereka, dan sikap mereka berbeda tidak seperti biasanya. Dari hubungan mereka banyak anggota lain yang risih dan ingin komplain ke ketua BPH (Badan Pertimbangan Anggota) namun ketua BPHnya lah salah satu pelaku pasangan itu.
Akhirnya seluruh anggota melompati struktur dan langsung meminta usul terhadap BPA yaitu saya.
Banyak sekali tekanan dari senior saya untuk segera menyelesaikan masalah ini. Ini menjadi beban pikiran saya yang sangat rumit.

Awal saya membentuk tim investigasi dari orang2 terdekat pasangan tersebut dan ternyata benar adanya hubungan mereka yang jelas kalau mereka pacaran. Dari situ senior-senior pun memberikan saran-saran sampai akhirnya tekanan terhadap saya untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka inggin kedua belah pihak pasangan tersebut dipecat agar adil. Namun yang jadi beban dipikiran saya salah satu pelaku tersebut ialah ketua BPH orang yang mempin jalannya organisasi ini dan pasangannya adalah alumni yang sangat berpengaruh untuk memajukan organisasi ini.kedua belah pihak pasangan tersebut sama-sama orang yang berpengaruh penting diorganisasi ini.
Namun apa boleh buat saya harus tetap menjujung tinggi aturan dari organisasi ini.

Ada banyak pertimbangan yang saya harus pikirkan dengan matang. Saya harus mempertimbangkan dari positif, negative, peluang, dan ancaman dari keputusan yang harus saya pilih.



Kalau saya pecat ketua BPH (XIII)
·        Positif:       -
·        Negative: akan menurunnya kinerja setiap anggota, akan membuang waktu lagi untuk pembentukan struktur kepengurusan kembali. Ketua BPH masih SMA dan masih akan menjabat diposisi berbeda di periode berikutnya
·        Peluang: -
·        Ancaman: akan hancurnya organisasi ini, akan ada perselisihan Antara angkatan XIII dengan angkatan VIII
Kalau saya pecat alumni tersebut (VIII)
·        Positif: dia sudah tidak menjabat dan tidak memiliki tanggung jawab,
·        Negative : hilangya orang yang berpengaruh di organisasi ini
·        Peluang : dia belum tentu diperiode berikutnya masih aktif untuk kembali membimbing organisasi ini.
·        Ancaman : akan ada perselisihan Antara angkatan XIII dengan angkatan VIII
Kalau saya pecat keduanya
·        Positif : seluruh anggota merasa adil dengan keputusan saya
·        Negative : angkatan XIII akan jatuh mentalnya karena kehilangan sodara satu angkatannya yang masih menjabat 2 periode kedepan.  : hilangya orang yang berpengaruh di organisasi ini
·        Peluang : -
·        Ancaman : kehilangan dua orang penting sekaligus.


Akhirnya saya membuat keputusan untuk menyidang kedua nelah pihak pasangan tersebut dengan adanya seluruh anggota untuk menjadi forum. Disitu semua untuk merumbukkan keputusan siapa yang akan keluar. Akhirnya setelah merumbukkan semuanya alumni tersebut mengalah untuk mengundurkan diri dari organisasi ini.


Sekian, semoga cerita dari saya bisa menjadi pelajaran buat saya dan kita semua amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar